Rombongan Al Hasaniyyah Menuju Haul Akbar Istiqlal

  • Whatsapp

 

Perjalanan dimulai dari Kantor al-Hasaniyyah pusat jam  7.15 malam tanggal 9 September 2022 melalui tol gempol selama 14 jam  dengan pemberhentian dua kali di bale nglaras 48 B pada jam 00.30 pagi dan di km 130 rest area pada jam 05.30 pagi.

 

Rombongan terdiri dari dua mobil hiace dengan rincian mobil pertama terdiri dari para asatidzah Al-Hasaniyyah pusat yang terdiri dari 10 orang dan dua orang supir dengan muatan barang pribadi, brosur al-Hasaniyyah dan barang milik syech M. Amin Asy-Syinqithi.

 

Dan para asatidzah tersebut antara lain Hb. Lutfi al-Hasni selaku Rois Lajnah Maliyah Pusat, Ust Zainul Alam selaku Bendahara pusat, Ust. Sahri Samuddin, Ust. Kamal, Ust. Safarwadi, Ust. Edi Mahmud, Ust. Nur Hanifansyah, dsb.

 

Dan rombongan kedua terdiri dari para anggota Mambaus Shofwah yang merupakan grup resmi munsyidun pondok pesantren Darullughoh Waddawah yang terdiri dari 15 orang dan dua orang supir yang berjarak 110 km dari rombongan yang pertama.

 

Dan pada jam 08.00 tanggal 10 September 2022 rombongan pertama sampai didaerah condet Jakarta timur dan melakukan istirahat dan sarapan didalwa center jakarta dan melanjutkan perjalanan selanjutnya ke pemakaman kramat jati al-Hawi dicondet Jakarta timur pada jam 11.30 untuk berziarah

 

Pada jam 13.00 para rombongan sampai dimajlis al afaf lil habib Ali bin Abdurrahman as-Seggaf Sayiddil Walid didaerah tebet jakarta, dan disambut oleh salah satu anak sayyidil walid Hb. Muhammad bin Hb. Ali bin Abdurrahman as-Seggaf dan dijamu untuk beristirahat dan makan siang, lalu dilanjutkan dengan mengikuti majlis hb Ahmad bin Hb. Ali bin Hb Abdurrahman as-Seggaf, yang diiringi dengan qosidah qosidah yang dilantunkan oleh kelompok munsyidun dalwa Mambaus Shofwah yang dipimpin oleh Ust.Edi Mahmud, lalu majlis diakhiri dengan ziarah kamar sayyidil walid sekaligus mushofahah kepada Hb. Ahmad bib Hb Ali bin Abdurrahman as-Seggaf dan dilanjutkan dengan makan malam.

 

Dan perjalanan dilanjutkan ke hotel Borobudur didaerah jakarta pusat pada jam 19.45 untuk menemui Abuya al-Habib Ali Zainal Abidin bin al-Habib Hasan Baharun.

 

Dalam pertemuan tersebut selain rombingan al-Hasaniyyah ada juga rombongan habaib alumni dalwa seperti Hb. Hanif Al attas dan Hb Jadid as-Seggaf selaku ketua al-Hasaniyyah jabodetabek juga ada rombongan alumni abuya Sy. Muhammad bib Alawi al-Maliki seperti Ust. Nawawi, Ust. Ibn Hajar, Ust. Zubair dan para asatidzah yang lainnya. Lalu pada sekitar jam 11.30 malam rombongan abuya bertemu dengan rombongan asatidzah Al-Hasaniyyah pusat yang dilanjutkan dengan istirahat di tiga kamar dihotel Borobudur.

 

Lalu jam 05.00 pagi rombongan asatidzah berangkat ke masjid istiqlal untuk melaksanakan solat subuh berjamaah yang dilanjutkan dengan foto dan belanja di area halaman masjid istiqlal, perjalanan berlanjut ke monumen nasional atau yang disebut monas pada jam 06 30 untuk foto bersama sekaligus berkeliling, lalu dilanjutkan dengan sarapan bersama dihotel borobudur bersama abuya pada jam 08.00, yang mana dalam sarapan ini juga dihadiri oleh hubabah khodijah ibunda dari abuya Hb. Ali Zainal Abidin bin abuya Hb Hasan Baharun.

 

Lalu setelah istirahat, pada jam 13.00 rombongan asatidzah melanjutkan dengan makan siang bersama salah satu alumni Gus arya di restoran garuda, setelah itu dilanjutkan dengan acara rahat (bersantai) sejenak bersama Abuya al-Habib Zain Baharun bersama para Ahlu Bait Dalwa dan para asatidzah termasuk rombongan Al-Hasaniyyah Pusat pada jam 15.30 dikolam renang milik hotel borobudur.

 

Dan pada pukul 18.40 rombongan abuya bersama seluruh rombongan asatidzah baik itu dari para ahlu bait, asatidzah makkiyah as-sofwah, asatidzah toybah, para alumni berangkat menuju masjid istiqlal untuk menghadiri haul Akbar Abuya al-Ustadz al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun dimasjid istiqlal jakarta pusat, dan para asatidzah Al-Hasaniyyah al-Markaziyyah ditempatkan ditempat khusus para alumni Darullughoh Waddawah dan asatidzah besar lainnya. Didepan panggung majlis yang dikawal para panitia dan ahlu bait keluarga abuya untuk keamanan dan ketertiban acara.

 

Namun sedikit disayangkan karena grup qosidah resmi Darullughoh Waddawah yaitu Mambaus Shofwah tidak bisa mengisi dan memeriahkan acara ini dikarenakan miss komunikasi  dari pihak panitia pelaksana, sehingga acara diisi oleh grup qosidah al-Ghozaliyyah.

 

Acara ini dihadiri oleh hadiri oleh banyak ulama, habaib dan disertai para asatidzah senior Darullughoh Waddawah, para tokoh ulama yang hadir antara lain Syech Abdullah al-Muhdor, syech Muhammad Amin asy-Syinqithi, dan ulama lainnya, sementara tokoh nasional yang menghadiri acara ini antara lain, Kepala POLRI Listyo Sigit Prabowo, Bpk H Jusuf Kalla selaku ketua himpunan masjid seindonesia, DR. H. Nasaruddin Umar.

 

Acara ditutup dengan pembacaan manaqib Abuya Hasan Baharun oleh Hb. Alwi bin Hb. Seggaf Baharun, dilanjutkan dengan Nasihat dari Hb. Seggaf bin Hb Hasan Baharun, dan ditutup dengan tahlil untuk Abuya Hb. Hasan bin Ahmad Baharun. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama tamu VIP dan tamu VVIP yang juga diikuti oleh para asatidzah al-Hasaniyah Pusat disertai pemberian Bingkisan dan dilanjutkan dengan istirahat dihotel pada jam 00.00.

 

Lalu pada jam 06.30 tanggal 12 September 2022 rombongan asatidzah sarapa bersama para ahlu bait seperti Hb. Seggaf bin Hb Hasan Baharun dan Hb Sodiq bin Hb Hasan Baharun dan asatidzah as-Sofwah, dan pada jam 10.00 pagi rombongan melakukan check out dari Hotel Borobudur dan melanjutkan perjalanan menuju Sumedang menuju pondok pesantren Nurus Sholah dan sempat berhenti di. KM 148 untuk istirahat.

 

Ditengah perjalanan rombongan berhenti dan mampir sejenak dimajlis al-Afaf milik sayyidil walid Hb Ali bin Abdurahman as-Seggaf pada jam 10.30 untuk berpamitan kepada Hb. Muhammad bin Hb. Ali bin Abdurrahman as-Seggaf sekaligus menjemput rombongan Mambaus Shofwah untuk berangkat bersama.

 

Dan pada jam 12.00 rombongan berziarah sejenak kemakam Hb Ahmad bin Alwi al-Haddad (Hb. Kuncung) sekaligus ke makam Hb. Ali bin Hb Abdurrahman as-Seggaf dan makam Hb Mundzir al-Musawwa dan melakukan solat berjamaah dimasjid at-Taubah didekat makam tersebut.

 

Lalu ketika sampai dipondok pesantren Nurus Sholah pada jam 16.00, rombongan disambut oleh pimpinan pondok sekaligus salah satu Alumni Pondok pesantren Darullughoh Waddawah Hb. Zaky al-Munawwar dan dijamu dipendopo pondok beliau sekaligus rahat bersama dipendopo pondok pesantren. Disana para asatidzah juga memberi pengarahan terhadap santri Dalwa yang sedang dalam masa praktek mengajar dipondok tersebut.

 

Lalu perjalanan dilanjutkan Kembali pada jam 20.30 ke daerah sumedang untuk mengunjungi pondok Asyrofuddin asuhan Ust. Sadad, untuk silaturahmi sekaligus penyerahan tugas LAZIS al-Hasaniyyah untuk daerah parahyangan kepada Ust. Ridwan, lalu setelah makan malam dan Rahat Bersama, rombongan beristirahat dikediaman ust sadad pada jam 11.30.

 

Dan pada pagi harinya rombongan diajak untuk sarapan Bersama dan dilanjutkan dengan bersantai disumber air didekat pondok pesantren tersebut pada jam 08.00 yang diikuti oleh seluruh rombongan asatdzah al-Hasaniyyah Bersama pengasuh pondok Asyrofuddin, dan kunjungan diakhiri dengan ziarah ke makam Kyai Asyrofuddin yang merupakan pengasuh dari pondok Asyrofuddin yang berdiri pada tahun 1846, yang pada saat itu Bernama Pesantren Ardli Sela yang setelah itu diganti dengan nama Pesantren Asyrofuddin pada tahun 1965.

 

Lalu Rute perjalanan diakhiri dengan kunjungan ke pondok Mambaul Hikmah Asuhan Ust. Sulthon Barmawi yang bertempat Di Tegal, Jawa Tengah, disana para asatidzah disuguhi makan siang sekaligus Rahat Bersama Pimpinan pondok. Dan acara dilanjutkan dengan penyerahan laporan yang disaksikan para alumni al-Hasaniyyah Tegal dan al-Hasaniyyah Pusat.

 

Dan rombongan Kembali ke Pondok Pesantren Darullughah Waddawah Pada Jam 17.20 dan tida dipondok pesantren pada hari Selasa Tanggal 13 September 2022 Pukul  23.47 malam

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *