Resep Masakan Daging Sapi Pedas

  • Whatsapp

 

Idul Adha merupakan salah satu hari besar Umat Islam yang disertai dengan penyembelihan hewan kurban seperti kambing atau sapi. Pada hari besar inilah semua orang bisa menikmati enaknya daging sapi yang memang dikenal enak dan bisa dibuat menjadi berbagai hidangan, baik itu khas dari dalam maupun luar negeri. Tentu saja bumbu masakan daging sapi juga sangat beragam, tergantung masakan apa yang akan dibuat.

Di Indonesia sendiri memang khas masakan yang menggunakan banyak bumbu rempah. Rasa yang khas inilah yang menjadikan setiap masakan di Indonesia memiliki cita rasa tersendiri. Bahkan setiap daerah memiliki cara memasak daging sapi yang berbeda.

Salah satu jenis masakan yang ada di Indonesia dengan bahan dasar daging sapi yang mudah dibuat adalah daging sapi masak pedas yang akan dibahas kali ini. Baik itu bahan hingga cara memasaknya. Tidak sulit memasak daging sapi pedas asal tahu bagaimana caranya.

Khusus bagi yang suka pedas, masakan satu ini pasti akan sangat mudah dinikmati. Apalagi masakan pedas sekarang ini masih disukai masyarakat Indonesia. Semakin pedas maka akan semakin menggugah selera.

Sedangkan bagi Anda yang tidak suka masakan pedas bisa menyesuaikan bumbunya. Meski resep di bawah ini bisa Anda ikuti, Anda bebas menentukan bumbu sesuai selera. Bisa jadi kurang pedas atau terlalu pedas, kurang asin, atau sebagainya dan Anda bebas untuk menentukan selera Anda sendiri.

Langsung saja, berikut ini resep daging masak pedas yang dijamin membuat Anda tidak berhenti makan.

Bahan-bahan Daging Masak Pedas

Berikut ini bahan utama yang harus Anda siapkan terlebih dulu:

  • 500 g daging sapi lulur dan dipotong bentuk dadu
  • 1 batang serai yang dimemarkan
  • 25 ml air asam jawa
  • 1 ruas jahe yang dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk nipis
  • 250 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm kecap manis
  • 15 buah cabai rawit
  • 250 ml air

Setelah bahan utama dipersiapkan, Anda juga harus menyiapkan bahan untuk bumbu masakan daging sapi pedas, yaitu:

  • 10 buah cabai merah
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 1sdt gula pasir

Jika semua bahan sudah Anda siapkan, selanjutnya Anda tinggal mulai memasak daging sapi menjadi masakan daging sapi pedas yang enak dan menggugah selera.

Cara Memasak Daging Sapi Pedas

Cara memasaknya tidaklah sulit. Jika Anda baru pertama kali memasak, maka Anda harus membaca cara memasak di bawah ini terlebih dulu. Jika Anda benar-benar mengikuti caranya, masakan Anda akan berhasil dan sesuai dengan rasa yang seharusnya dihasilkan.

Berikut ini cara memasaknya.

  1. Siapkan Bumbu

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bumbu terlebih dulu. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit. Anda bisa menggunakan blender jika tidak ingin repot menghaluskan secara manual.

  1. Masak Bumbu

Setelah bumbu sudah halus, panaskan wajan dan minyak di kompor. Masukkan bumbu tersebut ke dalam wajan dan tumis hingga tercium aroma harus dari bumbu.

Kemudian, masukkan serai, lengkuas, jahe, daun jeruk, dan daun salam. Masak bumbu tersebut sampai berubah warnanya dan menghasilkan bau wangi bumbu.

  1. Masak Daging

Setelah bumbu sudah mengeluarkan bau wangi, masukkan semua potongan daging ke dalam wajan berisi bumbu dan aduk hingga merata. Masak daging tersebut hingga warnanya berubah dan pastikan bumbu tercampur dengan daging secara merata.

  1. Tambahkan Bumbu Lainnya

Setelah itu, tuang air asam jawa dan air putih ke dalam masakan. Tambahkan juga garam, gula pasir, kecap manis, dan merica ke dalamnya.

Masak sampai daging terasa empuk dan bumbu meresap ke dalam daging. Pastikan air di dalam wajan juga mulai berkurang dan membuat kuah daging jadi lebih kental dan menghasilkan warna yang pekat.

  1. Sentuhan Terakhir

Terakhir, tambahkan santan kental ke dalam masakan dan aduk hingga rata. Kemudian, masak hingga santan di dalam wajan mendidih, lalu matikan api kompor.

Cara Penyajian Daging Sapi Pedas

Setelah masakan matang, daging sapi pedas tersebut bisa segera disajikan di atas piring. Untuk menambah rasa gurih, taburkan bawang merah goreng di atas masakan. Dengan begitu masakan bisa segera disantap bersama keluarga.

Akan lebih enak jika dimakan dengan nasi putih hangat karena bisa menambah selera. Daging sapi pedas tersebut jelas enak dimakan bersama-sama. Bumbu masakan daging sapi pedas pasti akan menambah selera makan keluarga.

Tips Memasak Daging Sapi Agar Empuk

Kalau Anda sudah terbiasa memasak daging pasti tahu cara yang tepat agar daging sapi terasa empuk atau tidak alot. Sedangkan bagi Anda yang belum, berikut ini ada beberapa tips memasaknya.

  1. Daun Pepaya

Getah yang terdapat di dalam daun pepaya bisa membantu daging jadi lebih empuk saat direbus. Caranya adalah dengan meremas daun pepaya sehingga getahnya keluar. Lalu, bungkus daging menggunakan daun tersebut dan biarkan beberapa waktu.

Setelah itu, lepaskan bungkusan dan rebus daging hingga jadi empuk dan matang. Namun, jangan terlalu banyak daun untuk membungkusnya dan jangan terlalu karena daging akan mudah hancur. Selain itu, rasa daging juga akan terpengaruh.

  1. Nanas

Selain dengan daun pepaya, Anda juga bisa menggunakan nanas dengan cara menghaluskannya. Lakukan marinasi daging dalam nanas yang sudah dihaluskan. Asam yang terdapat dalam nanas bisa membantu daging jadi lebih empuk.

Namun jangan terlalu banyak dan terlalu lama. Rasa nanas bisa saja mempengaruhi rasa daging jadi lebih asam. Tentu saja masakan yang seharusnya manis bisa jadi asam jika terlalu lama dalam nanas.

  1. Bahan Asam Lain

Selain nanas yang mengandung asam, jeruk nipis juga bisa membuat daging empuk. Namun hati-hati dalam penggunaannya karena bisa mempengaruhi rasa daging.

Selain itu, pepaya juga bisa dijadikan sebagai bahan lain agar daging lebih empuk. Bahkan garam dan buttermilk juga bisa digunakan.

  1. Baking Soda dan Cuka

Selain menggunakan bahan alami, bahan lain juga bisa digunakan untuk membuat daging lebih empuk. Contohnya dengan baking soda dan cuka. Soda kue yang dioleskan ke daging bisa meningkatkan kadar pH sehingga protein jadi lebih sulit terikat dan membuat daging lebih empuk.

Cara menggunakannya sangatlah mudah. Caranya adalah dengan mengolesi permukaan daging dengan soda kue 10-20 menit dan simpan di dalam kulkas. Bilas sebelum daging tersebut digunakan.

Itulah resep masak daging sapi pedas bagi Anda yang tertarik dengan masakan. Dengan bumbu masakan daging sapi pedas di atas, Anda bisa mencoba memasaknya sendiri. Selain itu, pahami tips memasak daging sapi di atas agar daging jadi lebih empuk dan lebih enak untuk dimasak.

Untuk Resep Resep Masakan Lainnya silahkan kunjungi

Resep Masak Daging Sapi Pedas Lezat dan Praktis

How to Cook Rice

Kunjungi Juga web

Cara Memasak

Cara Memasak Makanan Simple dan Enak

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *