Resep Ayam Kecap Mudah dan Pedas

  • Whatsapp

Resep Ayam Kecap Mudah dan Pedas

Para pecinta kuliner pasti tidak akan asing dengan menu masakan ayam kecap yang memang sering dijumpai di rumahan dan menjadi salah satu masakan yang memiliki banyak penggemar. Cara memasak ayam kecap tidaklah sulit dan Anda bisa mencoba sendiri memasaknya di rumah. Jika memang penasaran, kali ini Anda akan tahu resep ayam kecap yang mudah dimasak dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Ayam kecap sendiri merupakan makanan yang khas dari Indonesia dan bisa dibilang menjadi masakan yang biasa ditemukan di setiap rumah di nusantara. Bahkan, ayam kecap bisa saja mengingatkan Anda akan masakan yang berasal dari kampong halaman. Terutama jika ibu sering memasaknya sebagai hidangan untuk satu keluarga.

Manisnya bumbu kecap yang meresap ke dalam daging ayam serasa mengingatkan rumah. Cita rasa yang khas memang tidak akan mudah dilupakan begitu saja. Apalagi dengan ayam kecap yang biasa Anda makan di rumah.

Anda sebenarnya bisa memasak ayam kecap sendiri karena bahan dan cara memasaknya sangatlah mudah. Anda bisa mendapatkan bahannya di pasar atau warung terdekat. Sedangkan untuk memasaknya tidak membutuhkan cara yang susah dan dalam waktu yang sangat singkat.

Jika Anda tengah merantau dan rindu akan masakan satu ini, apalagi sulit untuk menemukan rumah makan yang menyajikan menu masakan ayam kecap, Anda bisa mencoba memasaknya sendiri. Caranya sangat mudah dan bisa Anda masak dengan cepat. Jika memang ingin mencobanya, kali ini Anda bisa tahu apa saja bahan dan juga bagaimana cara memasaknya.

Bahan-bahan Ayam Kecap Mudah

Agar bisa menghasilkan hidangan ayam kecap yang mudah, berikut ini bahan yang harus Anda persiapkan.

  • ½ ekor ayam yang dipotong menjadi 6 bagian dan tambahkan ½ sdt garam dan 2 sdm air jeruk nipis.
  • 4 siung bawang putih yang sudah dimemarkan.
  • ½ ruas jari jahe yang sudah dimemarkan.
  • ½ potong bawah bombai dan dipotong memanjang.
  • 2 tangkai daun bawang dipotong menyerong.
  • 5 sdm kecap manis.
  • ½ sdt lada putih bubuk.
  • ¼ sdt garam.
  • 1 buah tomat dipotong memanjang.
  • 100 ml air
  • Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya.
  • 1 sdm margarin untuk menumis.

Cara Memasak Ayam Kecap Mudah

Setelah menyiapkan bahan seperti di atas, berikut ini cara memasak resep ayam kecap yang mudah bagi Anda.

  1. Panaskan Margarin

Pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan margarin di atas wajan yang panas untuk mulai menumis bumbu. Jika Anda tidak memiliki margarin, Anda bisa menggantinya dengan minyak wijen. Cara pertama ini dilakukan agar nanti bumbu yang sudah disiapkan bisa tercampur dan masak bersama dengan ayam dan bisa lebih meresap.

  1. Menumis Bumbu

Kedua adalah memasak bumbu yang sudah disiapkan yang nanti akan dicampur dengan ayam. Salah satu bumbu dari ayam kecap yang bisa Anda buat sendiri adalah tumis bawang bombai.

Untuk membuatnya, Anda bisa mencampurkan jahe, bawang bombai dan bawah putih. Kemudian tumis sampai semua bahan tersebut layu dan tercium aroma harum.

  1. Menggoreng Ayam

Setelah semua bumbu selesai ditumis, langkah selanjutnya adalah menggoreng atau memanaskan ayam yang sebelumnya sudah dipotong menjadi beberapa bagian. Goreng ayam tapi jangan sampai kering agar bumbu nanti bisa meresap dengan mudah ke dalam daging ayam.

  1. Mencampurkan Ayam dan Bumbu

Setelah ayam sudah dipanaskan, campurkan daging ayam yang sudah dipotong ke dalam wajan dimana bumbu sebelumnya sudah ditumis. Pastikan wajan dalam keadaan panas sehingga bumbu dan tumisan bawang bombai bisa meresap dengan cepat di dalam daging ayam tersebut.

Jangan lupa untuk memasukkan daun bawang dan tomat ke dalam wajan masakan tersebut, dan aduk sampai semua tercampur secara merata. Pastikan bumbu sudah tercampur secara merata dan semua bagian pada daging ayam sudah terlumuri bumbu keseluruhan.

  1. Ayam Siap Untuk Disajikan

Setelah bumbu sudah tercampur dengan ayam dan masakan sudah matang keseluruhan, angkat wajan dan siapkan piring saji untuk hidangan ayam kecap yang sudah Anda masak. Sajikan hidangan ayam kecap tersebut selagi panas dengan nasi.

Itulah resep masakan ayam kecap yang mudah bagi Anda yang ingin mencoba memasak sendiri. Silahkan Anda coba resep di atas.

Resep Ayam Kecap Pedas

Jika Anda lebih suka dengan rasa pedas untuk ayam kecap Anda, ada juga resep ayam kecap pedas yang bisa Anda coba. Berikut ini bahan-bahan yang Anda perlukan untuk memasak ayam kecap pedas.

  • 1 ekor ayam dipotong-potong
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas jari jahe
  • 3 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 6 sdm kecap manis
  • 3 sdm saus sambal
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 tangkai daun bawang dipotong memanjang
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 200 ml air

Cara Memasak Ayam Kecap Pedas

Setelah semua bahan tersedia, Anda siap untuk memasak ayam kecap pedas. Berikut ini cara dalam memasaknya.

  1. Siapkan Ayam

Pertama cuci ayam yang akan dimasak terlebih dulu sampai bersih. Ayam juga harus sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, goreng ayam hingga matang tapi jangan sampai kering agar bumbu bisa meresap sempurna ke dalam daging ayam tersebut, dan sisihkan daging ayam untuk nanti dimasak bersama bumbu.

  1. Siapkan Bumbu

Siapkan bumbu dengan mengiris bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, dan jahe yang digeprek. Kemudian, tumis semua irisan bumbu tersebut di wajan dengan minyak goreng secukupnya. Jangan lupa tambahkan daun jeruk untuk menambah aroma dan tumis sampai tercium aroma harum.

  1. Masukkan Ayam

Masukkan ayam yang tadi sudah digoreng ke dalam wajan bumbu dengan menambahkan air, saus sambal dan kecap manis. Tambahkan gula secukupnya dan garam hingga rasanya pas.

  1. Masak Hingga Matang

Masak ayam kecap tersebut hingga air di dalamnya menyusut dan bumbu meresap ke dalam daging ayam. Pastikan daging ayam sudah tercampur dengan bumbu dan meresap sehingga rasanya lebih terasa. Tambahkan juga irisan daun bawang dan masak sebentar hingga daun bawang sedikit layu.

  1. Sajikan

Ayam kecap pedas yang sudah matang tersebut bisa segera disajikan ke dalam piring saji. Pastikan untuk menyantapnya dengan nasi hangat sehingga terasa lebih lezat.

Itulah resep untuk ayam kecap pedas bagi Anda yang suka rasa pedas. Resep tersebut bisa Anda coba karena sangat mudah untuk memasaknya. Apalagi bagi Anda yang tengah merantau dan rindu masakan rumah dan ingin mencoba memasaknya sendiri untuk mengobati rasa rindu tersebut.

Itulah resep ayam kecap yang mudah dan juga ayam kecap pedas bagi Anda yang ingin mencobanya. Silahkan coba resep di atas dan nikmati hidangan lezat ayam kecap buatan sendiri.

untuk resep resep dan tekhnik memasak lainnya silahkan kunjungi, creativefood.id selalu menyajikan resep resep yang menggugah selera makan, silahkan kunjungi

Resep Masak Daging Sapi Pedas Lezat dan Praktis

Grilled

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *