LAPIS IKAN DAUN SINGKONG

  • Whatsapp
LAPIS IKAN DAUN SINGKONG creativefood creativefood id
LAPIS IKAN DAUN SINGKONG creativefood creativefood id

Assalamualaikuum, mohon izin ikutan challenge fenomenal dari @naturalcookingclub, Ibu @fatmahbahalwan kolaborasi dg @kraft_id. Terinspirasi dari jajanan waktu SD, snack kriuk yg enak banget. Bentuknya panjang2, warnanya ijo tua. Setelah habis banyak baru tau kalau itu adalah daun singkong digoreng tepung 😂. Itupun dikasih tau teman, yaampun. Makin kesini tau lagi makanan yg namanya Rolade Tahu Daun Singkong. Dan itu juga enak.

Nah, berawal dari situ jadilah “Lapis Ikan Daun Singkong” ini, yang cocok banget untuk menu hidangan sahur. Gizinya komplit, ada protein dari ikan dan serat serta vitamin dari sayuran. Tidak lupa ditambah keju Kraft didalamnya, jadi makin bergizi dan lezat. Setelah dikukus dan dingin, disimpan dikulkas lalu waktu sahur tinggal digoreng. Praktis banget.

LAPIS IKAN DAUN SINGKONG

Bahan:
½ kg daging ikan, potong2 kecil (saya pakai patin)
3 siung bawang putih
5 buah bawang merah
2 butir kemiri
1 ruas kunyit
Garam, merica, gula secukupnya
3-4 sdm keju Kraft parut
1 butir telur

3 ikat daun singkong, rebus hingga lunak. Cuci bersih, peras. Rajang halus.
Garam, merica, penyedap secukupnya
2 butir telur uk kecil

Tepung bumbu serbaguna utk melapis
Minyak goreng

Cara Membuat:
1. Haluskan bumbu, campur dengan ikan fillet. Tambahkan keju parut dan telur. Aduk rata, sisihkan.
2. Campurkan daun singkong dengan bumbu dan telur. Sisihkan.
3. Ambil loyang, lapisi semua sisinya dengan daun pisang (optional, utk mendapatkan aroma daun pisang). Atau bisa juga dioles minyak. Isi loyang dengan daun singkong sbg lapisan paling bawah. Ratakan sedikit ditekan2. Beri atasnya dengan adonan ikan, ratakan sambil ditekan2. Lakukan hingga 2x lapisan dan paling atas adalah lapisan daun singkong.
4. Kukus 30-35 menit hingga matang, keluarkan dari loyang dan tiriskan di kukusan (biasanya akan mengeluarkan air). Nanti akan memadat dengan sendirinya jika sudah dingin.
5. Potong2, baluri dengan tepung bumbu yg sudah dicairkan. Saya tipis saja supaya lapisannya tetap terlihat. Goreng hingga kecoklatan. Siap disajikan dengan nasi hangat.

Yuk ikutan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *