Hati yang kering dan cara mengatasinya

  • Whatsapp

Apabila hati tersebut kering (air ketaatan tidak mengucur) maka akan semua buahnya. Dan jika sudah kering/gersang maka perbanyaklah berdzikir sebagai obatnya.
Janganlah kau seperti orang sakit yang berkata “aku tidak akan berobat sampai aku menemukan obatnya” Lalu dikatakan kepadanya “engkau tidak akan menemukan obatnya kecuali dengan kau berobat”.
Dalam berjihad/perang tidak ada kenikmatan nya melainkan yang ada hanyalah ujung-ujungnya tombak, maka perangilah nafsunya karena berperang melawan hawa nafsu adalah peperangan terbesar.
Ketahuilah bahwa seseorang yang kehilangan anak nya maka tidak ada hari bahagia baginya, tapi hari bahagia itu bagi orang yang mampu mengalahkan hawa nafsunya, dan tiada hari bahagia bagi orang-orang yang tidak mampu menghadapi dan menyelesaikan berbagai persoalan.
Sebagian Ulama’bertanya kepada seorang pendeta, mereka berkata : “wahai pendeta, kapankah hari bahagia bagi kaummu?”, Dia menjawab “yaitu pada hari Allah SWT memberikan pengampunan bagi mereka”.
Perumpamaan dirimu dengan nafsumu bagaikan seseorang yang menjumpai istrinya di kedai khamar, lalu ia mendatangi istrinya itu dengan berbagai pakaian indah serta berbagai makanan lezat yang kau berikan padanya, jadi apabila engkau meninggalkan sholat maka seakan-akan kau membari makan hawanafsu mu dengan berbagai manisan dan beragam makanan.
Ada sebagian diantara para Ulama’ yang tidak menghadiri sholat berjamaah dimasjid karena mereka tidak kuat mencium aroma busuk dan amis nya hati orang-orang yang lalai/lupa kepada Allah SWT. Alangkah mengetahuinya engkau terhadap perkara dunia, dan Alangkah bodohnya engkau terhadap perkara Akhirat!!.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *