Cara Masak Semur Daging Kambing Sederhana

  • Whatsapp

Cara Masak Semur Daging Kambing Sederhana

Semur merupakan salah satu makanan dengan bahan daging yang berasal dari Indonesia dan biasa mungkin Anda mengenalnya dari kuah berwarna coklat pekat yang dibuat dengan cengkeh, bawang merah dan kecar. Menurut orang dulu, semur juga dikenal dengan nama smoor yang memiliki arti dimasak dengan cara direbus lama dan dengan menggunakan api kecil sehingga daging terasa empuk. Semur daging kambing juga merupakan salah satu olahan semur yang bisa kita coba sendiri dengan bumbu yang sederhana dan yang pasti empuk serta lezat.

Jika Anda merasa ragu mengolah daging kambing yang memang terkenal akan bau prengus atau mungkin ada yang merasa kurang sedap, rahasia pada saat pengolahannya adalah mengusahakan agar daging tidak bersentuhan dengan air saat dimasak atau bahkan jangan mencucinya sebelum diolah. Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan daun jeruk sehingga menyamarkan bau prengus dari daging.

Cara Memasang Daging Kambing Bumbu Semur

Daging kambing adalah daging yang memiliki banyak kandungan vitamin dan protein, dan juga enak setelah diolah menjadi sebuah hidangan. Banyak masakan yang dihasilkan dengan bahan dasar daging kambing seperti semur daging yang akan kita buat kali ini.

Semur yang terbuat dari bahan daging kambing memang sangat enak jika dikonsumsi karena terdapat banyak protein di dalamnya. Jika Anda ingin mencoba mengolah menu masakan tersebut, pilihlah daging yang masih segar sehingga proses pengolahan hingga penyajian benar-benar bisa membuat Anda jadi jauh lebih puas akan rasanya yang nikmat.

Jika Anda ingin mencoba resep masakan daging kambing sederhana, Anda bisa langsung menyimak bahan dan cara masak daging kambing dengan bumbu semur berikut.

Bahan-bahan Semur Daging Kambing

  • 500 g daging lulur kambing
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • 6 sdm minyak untuk menumis
  • 10 sdm kecap manis
  • 2 cm kayu manis
  • 1 bungkus kaldu
  • 5000 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 1 tangkai serai dan memarkan

Bumbu-bumbu Semur Daging Kambing

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt lada hitam sangrai
  • ½ butir biji pala
  • 3 butir cengkeh sangrai
  • 1 sdt garam atau sesuai dengan selera
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • ½ ruas jari jahe

Cara Memasak Semur Daging Kambing

Berikut ini cara memasak semur daging kambing yang bisa Anda coba sendiri:

  1. Pertama, bersihkan daging kambing dari kotoran yang menempel, tapi usahakan jangan sampai mencucinya dengan air agar daging tidak bau prengus dan bisa empuk saat selesai dimasak. Kemudian, potong daging kambing tersebut dengan bentuk agak lebar atau bisa disesuaikan dengan selera sendiri.
  2. Haluskan bahan lain seperti bawang putih, bawang merah dan bumbu lain sampai benar-benar halus dan menyatu. Lalu tumis bumbu tersebut dengan disertai serai dan daun salah sampai tercium aroma harus dari bumbu tersebut.
  3. Masukkan daging kambing ke dalam tumisan bumbu jika sudah tercium aroma harus. Masalah daging tersebut hingga daging berubah warna sertai kasat dan tidak berair.
  4. Setelah itu, masukkan air, kaldu dan kecap. Masak daging hingga daging kambing terasa agak lunak dengan menggunakan api sedang.
  5. Masukkan 1 sdm bawang goreng dan aduk hingga merata. Masak air tersebut sampai agak kering dan juga daging melunak.
  6. Setelah masak, sajikan pada piring saji dan tambahkan taburan bawang merah goreng di atas semur daging tersebut.
  7. Hidangan ini bisa untuk 5 porsi makan sehingga cukup untuk keluarga.

Tidak sulit cara memasak semur daging kambing di atas. Anda pun bisa mencobanya sendiri di rumah. Namun, bagi yang merasa kesulitan saat mengolah sehingga tetap tercium bau prengus dari daging, ada berbagai cara yang bisa Anda coba.

Cara Masak Daging Kambing Agar Tidak Bau Prengus

Bagi Anda yang penasaran seperti apa cara agar masak kambing tidak bau, berikut ini berbagai caranya:

  1. Menghilangkan Bagian Lemak

Cara pertama yang bisa dilakukan agar bau prengus hilang dari daging kambing adalah dengan membuang bagian lemak pada daging. Bila tidak ingin lemaknya dibuang maka Anda bisa mengurangi kadar kelembaban pada daging kambing saja. Dengan begitu, bau prengus akan sedikit berkurang.

  1. Hindari Mencuci Dengan Air

Banyak yang mungkin mencuci daging kambing dengan air sebelum mengolahnya karena mungkin bisa menghilangkan kotoran. Tapi sebenarnya mencuci dengan air malah tidak menghilangkan bau prengus daging.

Jangan cuci daging sebelum mengolahnya agar bau prengus bisa berkurang. Setelah menghilangkan bagian lemak, jangan cuci dengan air. Cukup bersihkan daging dengan lap bersih atau tisu sehingga kotoran yang ada pada daging bisa hilang.

  1. Potong Daging Dengan Berlawanan Arah Serat

Selanjutnya, potong dading kambing tersebut dengan cara berlawanan arah dari seratnya. Cara memotong yang salah atau tidak berlawanan arah dari serat bisa menyebabkan kelembaban daging bisa tersimpan lebih lama.

Kelembaban tersebut yang menjadi penyebab utama adanya bau prengus yang terdapat dalam daging kambing. Jadi, lakukan pemotongan secara berlawanan arah serat daging.

  1. Tambahkan Garam Ketika Marinasi

Kadar kelembaban yang terdapat dalam daging juga bisa dikurangi dengan menambahkan garam ketika marinasi. Bisa juga dengan bumbu atau rempah yang memiliki aroma kuat seperti bawang putih atau ketumbar bubuk.

Proses marinasi bisa menghilangkan bau yang terdapat dalam daging dengan proses selama 2 – 3 jam jika daging masih segar atau belum di aging.

  1. Simpan di Freezer atau Lemari Es

Bagi yang memiliki lemari es, jika daging tidak ingin langsung diolah maka sebaiknya disimpan terlebih dulu di dalam lemari es. Usahakan temperatur di dalam lemari es berada pada lima derajat celcius atau lebih rendah.

Idealnya, daging tersebut bisa bertahan hingga 3-5 hari jika disimpan di dalam lemari es. Jika ingin lebih tahan lama lagi, bahkan bisa sampai satu bulan maka daging kambing tersebut harus disimpan di dalam lemari es yang diatur pada suhu 15 derajat celcius atau bahkan lebih rendah.

Itulah berbagai cara agar daging kambing tidak bau prengus saat diolah atau bahkan sebelum diolah menjadi sebuah hidangan yang lezat. Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan daun jeruk yang memang bisa menyamarkan bau prengus dari daging. Dengan hilangnya bau prengus pada daging, hidangan yang disajikan tentu akan lebih enak dan bisa menggugah selera karena memang hidangan yang dihasilkan dari bahan daging kambing terkenal lezat.

Itulah mengenai resep cara memasak semur daging kambing yang sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bagi Anda yang tertarik maka bisa segera mencoba mengolahnya. Ingatlah berbagai cara yang harus dilakukan agar daging tidak mengeluarkan bau prengus sehingga saat diolah akan tetap enak.

Kunjungi Juga Pembahasan Pembahasan dari Creative Food.id

untuk pembahasan resep resep dan cara memasak lainnya, cara memasak kambing, sapi dan ayam, silahkan kunjungi

Resep Masak Daging Sapi Pedas Lezat dan Praktis

Grilled

How to Cook Rice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *