5 Ways to Cook Brown Rice to Make it Fluffy and Tasty on the Tongue

  • Whatsapp

 

 

 

5 Langkah Mengolah Beras Merah Supaya Pulen dan Nikmat di Lidah

Sebagai makanan dasar yang tersering dimakan di Indonesia, tentu saja beras benar-benar diperlukan. Apa lagi beras yang selanjutnya dibuat jadi nasi sebagai sumber karbohidrat yang penting. Sejauh ini kemungkinan kamu kerap memakai beras putih sebagai konsumsi setiap hari.

Selainnya beras putih ada juga beras merah yang juga bisa kamu konsumsi setiap hari sebagai makanan dasar. Banyak yang ngomong konsumsi beras merah lebih sehatkan dibanding beras putih. Ini dikarenakan oleh beras merah belum alami proses penggilingan seutuhnya.

Tetapi, untuk beberapa orang, konsumsi nasi merah tidak selezat nasi putih. Rasanya yang condong keras dan cemplang membuat mereka malas mengkonsumsinya. Walau sebenarnya, tipe beras ini kaya Vitamin B kompleks, anti-oksidan tinggi, dan kaya serat.

Walau tidak seenak nasi putih tetapi nasi merah masih tetap dapat pulen dan nikmat seandainya kita pahami bagaimanakah cara mengolahnya yang tepat. Berikut ada 5 langkah mengolah beras merah supaya pulen dan nikmat di lidah

1. Mengolah Beras Merah dengan Rice Cooker
Langkah mengolah beras merah yang pertama yakni dengan memakai alat tolong rice cooker selainnya ringkas nasi yang dibuat juga enak dan pulen. Berikut beberapa langkah mengolah beras merah supaya masih tetap pulen:

Bersihkan beras merah sama air selanjutnya keringkan, sama dengan langkah mengolah beras putih. Masukan beras merah ke panci rice cooker dan tambah air dengan perbedaan 1 cup beras merah:1 1/2 cup air.
Rendam beras merah di di air sepanjang lebih kurang 30 menit supaya beras bisa lebih cepat masak, pulen, dan halus. Tambah 1/2 sendok garam untuk memberi rasa renyah pada nasi.
Nyalakan rice cooker pada model ” Cooking” dan nantikan sampai masak. Diamkan nasi 10-30 menit saat sebelum membukan rice cooker. Ini dilaksanakan untuk bikin nasi lebih merekat.
Aduk nasi supaya tidak menggumpal dan nasi siap dikonsumsi.

2. Mengolah Beras Merah untuk Diet
Bahan:

1 cup beras merah
1 1/2 cup beras putih
Air untuk menanak nasi
Langkah Mengolah Beras Merah:

Bersihkan beras merah dan beras putih, jika dapat ukuran beras putih semakin banyak supaya nasi tidak begitu keras karena struktur beras merah berlainan dengan beras putih.
Masukan beras ke rice cooker. Lantas sentuhkan jemari telunjuk di atas beras.
Tuangkan air sampai tingginya sentuh persendian pertama jemari telunjukmu. Saat jemari yang kamu celupkan telah tergenang air dengan tinggi persendian yang pertama, ukuran airnya telah cocok . Maka siap untuk langsung ditanak.

3. Langkah Mengolah Beras Merah Campur Beras Putih
Saat sebelum mengawali langkah mengolah beras merah campur ini, persiapkan lebih dulu berikut:

Bahan:

1 cup beras merah
1 cup beras putih
Seperlunya tempe
Seperlunya ikan pindang
3 biji labu siam, bersihkan dan irislah sebesar korek api
2 ons buncis, buang ujungnya
Seperlunya cabai rawit hijau
Seperlunya garam, gula, dan lada
8 biji bawang putih
Langkah mengolah:

Bersihkan beras sampai bersih. Masak nasi putih dalam rice cooker, sesudah masak, angkat, selanjutnya masak nasi merah. Pinggirkan.
Bumbui tempe dengan garam, lada, selanjutnya goreng tempe sampai kecokelatan. Sesudah masak, Angkat dan keringkan dari minyak.
Oseng 3 biji bawang putih yang sudah dicincang hingga wangi, masukan buncis yang sudah dibersihkan sampai bersih dan dibuang ujungnya. Berikan garam, gula dan lada, dan sedikit air, masak sampai buncis masak.
Oseng 3 biji bawang putih yang sudah dicincang, masukan labu yang sudah diiris-iris. Berikan garam, gula, lada dan air. Masak sampai labu empuk dan angkat.
Bersihkan sampai bersih cabai rawit hijau. Lantas tumbuk cabai rawit dengan 2 biji bawang putih. Berikan sedikit minyak, garam dan gula. Tumbuk sampai semua cabai dan bawang remuk.
Suguhkan nasi merah, nasi putih, dengan bermacam sayur tumisan, lauk ikan, tempe dan sambal hijau.

4. Langkah Mengolah Beras Merah untuk Bayi
Bahan:

2 sdm beras merah
Susu formulasi 1 sendok ukurkurang lebih 4 gr
250 mililiter air
Langkah mengolah nasi merah untuk bayi:

Bersihkan sampai bersih beras merah dengan 3 kali basuh. Masukan secara perlahan-lahan ke cooker, tambah air dan masak sampai struktur jadi bubur.
Mengambil 2 sdm bubur selanjutnya saring dengan saringan kawat. Janganlah lupa sisi bawah saringan diambil.
Tambah air hangat sampai kekentalan yang tepat. Simpan sendok dimiringkan bubur tidak jatuh. Tambah susu formulasi adult. Bubur siap dihidangkan hangat hangat.

5. Langkah Mengolah Beras Merah untuk Pasien Diabetes
Berikut panduan langkah mengolah beras merah untuk pasien diabetes yakni:

Bersihkan beras merah sampai betul-betul bersih. Seharusnya memakai air yang mengucur supaya kotoran yang ada dalam beras dapat turut kebuang dengan air.
Rendam lebih dulu sama air bersih sepanjang 30 menit supaya struktur nasi tidak keras dan empuk dan terasa pulen.
Kemudian masak di panci dengan menggunakan api kecil. Pakai perbedaan 1:3 yakni 1 cangkir beras merah dan 3 cangkir air bersih. Biarkan sampai airnya mendidih dan habis. Alihkan nasi beras merah ke riasg untuk dikukus. Pakai api yang kecil atau sedang.
Bila inginkan wangi wangi, karena itu kamu dapat menambah potongan bawang merah dan bawang putih, 1 helai daun salam dan 1 helai daun pandang. Juga bisa kukusan dilapis dengan daun pisang yang fresh. Kukus beras merah sampai betul-betul masak dan suguhkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *